N E W S    I N F O
Kamis, 21-03-2013 11:44:05 wib
Walikota Jakut Pastikan Penataan Makam Mbah Priok

JAKARTA, BeritaJakarta.com - Walikota Jakarta Utara, Bambang Sugiyono mengaskan pihaknya tidak akan membongkar keberadaan areal makam Mbah Priok melainkan hanya akan menata areal tersebut agar proyek pembangunan ruas jalan tol Tanjungpriok seksi North South (NS) akses Jl Yos Sudarso-Pelabuhan Tanjungpriok segera rampung.


Dikatakan Bambang, setelah melakukan pertemuan dengan pihak Pelindo dan ahli waris Makam Mbah Priok, keduabelah pihak sepakat tidak akan ada pembongkaran atau penggusuran Makam Mbah Priok. "Ahli waris sendiri meminta agar makam dan tempat peziarah tetap ada. Meski begitu, proyek akan terus berjalan dengan ketinggian tol tertentu agar tidak menyinggung makam dan fasilitas peziarah," ujar Bambang, Rabu (20/3).


Pembangunan jalan tol yang seharusnya mengenai makam tersebut, kata Bambang, nantinya dialihkan ke sisi lain. Sebab, pembangunan jalan tol yang posisinya dekat dengan makam Mbah Priok itu akan dijadikan jalan untuk turun dan masuk pelabuhan. "Tapi nanti jalan tol tersebut ditata untuk tidak mengenai makam. Prinsip utamanya, Pelindo dan ahli waris makam Mbah Priok, keduanya sudah menyepakatinya pembangunan jalan tol itu," katanya.


Ditegaskan Bambang, pihaknya tidak akan membongkar makam tersebut. Hanya saja, bangunan di area makam akan ditata agar tidak mengganggu kedua belah pihak untuk proyek maupun kepentingan jalan untuk masyarakat.


Pembangunan jalan tol itu sendiri, saat ini masih terkendala dengan pembebasan lahan lainnya. Seperti di wilayah Kalibaru masih ada 72 bidang, dan di Jalan Sulawesi Koja 70 bidang. Pihak warga mematok harga lahan yang dimilikinya seharga Rp 35 juta per meter. Padahal, pemerintah hanya menyanggupi membayar Rp 12 juta per meter.


Share